Resep Membuat Kue Pancong Tepung Beras Kelapa Parut Yang Enak

shares |

Resep Membuat Kue Pancong Tepung Beras Kelapa Parut Yang Enak
Inilah resep cara membuat kue pancong bahan tepung beras dengan campuran kelapa parut manis enak. Kue tradisional jajanan pasar ini mudah ditemukan di pasar pasar tradisional maupun pedagang asongan keliling. Harga kue pancong sangat murah meriah namun rasanya manis dan enak serta gurih karena adanya campuran kelapa parut. Resep kue basah asli betawi ini yakni kue pancong menjadi ciri khas jajanan betawi yang cukup enak dan laris.

Resep kue pancong paling terkenal yakni resep kue pancong betawi dan resep kue pancong bandung ( bandros ). Sebenarnya beberapa daerah punya resep kue tradisional ini namun dengan nama yang berbeda, seperti di jawa dinamakan sebagai kue rangin, sedangkan di daerah bali terkenal dengan nama haluman. Cara membuat kue pancong ini cukup sederhana dan mudah lho. Yuk ikuti petunjuk cara membuat kue pancong betawi selengkapnya.

Keunikannya justru terletak dari penggunaan bahan bahan utama kue pancong yang berbeda. Bahan dasar kue pancong betawi yakni tepung beras campur santan dengan taburan gula pasir. Sedangkan cara membuat kue pancong bandung yakni campuran tepung terigu dan gula pasir serta tambahan bahan pelengkap lainnya.

itulah salah satu keunikan kue jajanan pasar tradisional indonesia yang setiap daerah mempunyai ciri khas tersendiri. Pada update kali ini admin saelekko.com akan menunjukkan resep cara membuat kue pancong khas betawi dan sekaligus petunjuk lengkap cara membuat kue pancong bandung.

Namun demikian sebelum bunda membuat kue pancong, maka sediakan dahulu semua peralatan dan bahan bahan yang dibutuhkan. Kue pancong mempunyai tampilan khas seperti bulan sabit sehingga memerlukan cetakan khusus. Bunda dapat membeli cetakan kue pancong ini di pasar tradisional dengan harga murah kok. Cetakan kue pancong ini sama dengan cetakan kue pukis dan harganya sekitar 100 ribuan lebih. Yuk mulai belajar membuat resep kue basah asli jakarta ini.

Resep cara membuat kue pancong khas betawi

Yang perlu diperhatikan sebelum membuat kue pancong khas betawi ini yakni memilih bahan bahan yang berkualitas, seperti tepung beras pilih yang masih fresh dengan warna putih bersih. Tepung beras yang berkualitas jelek akan menghasilkan kue yang rasanya kurang enak ( apek ). Untuk bahan santan kelapa disarankan memilih kelapa yang sudah tua dan cukup setengah butir saja untuk menghasilkan 1½ gelas santan. Sedangkan kelapa parut paling mantap pilih yang setengah tua dan parut menyerong / miring.

Resep kue pancong

Resep kue pancong asli betawi ini menggunakan bahan utama tepung beras dan santan kelapa serta bahan bahan pendukung lainnya seperti kelapa parut, coklat cair, atau tambahan keju parut sebagai kreasi kue tradisional ini. Namun pada resep kue pancung betawi ini saya akan menulis resep aslinya.

Bahan bahan

Tepung beras : ± 1 gelas.
Santan kental : ± 1 ½ gelas.
Kelapa parut : ± 1 gelas.
Garam : ± 1 sendok teh.
Vanili : ± ½ sendok teh.
Gula pasir : secukupnya untuk taburan.
cetakan kue pancong

Cara membuat kue pancong betawi asli

Ambil wadah dengan besar cukup untuk menampung adonan.
Masukkan bahan bahan ( tepung beras + kelapa parut + garam + santan ) dan aduk aduk hingga bercampur sempurna dan pastikan tidak ada gumpalan gumpalan.
Siapakan cetakan kue pancong dan letakkan di atas bara api / kompor.
Olesi dengan sedikit minyak goreng ( dengan kuas yang bersih ) dan masukkan adonan kue pancong secukupnya.
Saat setengah matang taburkan gula pasir hingga merata secukupnya dan tutup sebentar.
Tunggu hingga matang yang ditandai dengan tampilan kue pancong sedikit coklat pada pinggirnya dan angkat.
Siap dihidangkan.
Resep cara membuat kue pancong bandung ( Bandros )

Kue tradisional jajanan pasar ini telah menjadi jajanan favorit di beberapa daerah salah satunya yakni daerah bandung dan sekitarnya dengan nama kue bandros. Meskipun tampilannya serupa namun bahan utama yang digunakan berbeda kalau kue pancong jakarta menggunakan tepung beras, maka kalau di bandung dengan tepung terigu.

Cara membuat kue pancong ala bandung ini yakni dengan bahan utama tepung terigu, santan kelapa, kelapa parut, dan garam serta gula pasir untuk taburan di atasnya. Cara membuatnya sama persis dengan kue pancong tepung beras hanya berbeda bahan saja ( tepung beras di ganti tepung terigu.

Namun demikian untuk dapat memberikan tampilan kreasi dan cita rasa berbeda, maka bunda dapat menambahkan taburan gula pasir di ganti dengan keju parut, meses, susu coklat kental, dan lainnya, sehingga cita rasanya akan lebih nikmat dan lezat. Bandung juga terkenal dengan kue serabi khas bandung yang lezat.

Related Posts